Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat: P3M Mengadakan Pelatihan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Dalam rangka meningkatkan peran dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tiinggi khususnya Dharma yang berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat, Pusat Penilitan dan Pengabdian Masyarakat (P3M) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan bagi pelaku usaha usaha mikro kecil menengah (UMKM).

        Pelatihan UMKM ini mengundang peserta dari  Forum UMKM Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor  yang beranggotakan pelaku usaha UMKM dari berbagai sektor usaha. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 17 Januari 2017, pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB di Ruang Lab. Unit III dan Ruang Seminar Unit V lantai 6 Perbanas Institute.

Adapun materi pelatihan yang diberikan adalah pengembangan web, meliputi registrasi web, desain halaman situs web, dan penguasaan penggunaan web tersebut secara detil, kemudian dilanjutkan dengan materi laporan keuangan yang meliputi cara membuat, komponen laporan keuangan, ilustrasi, contoh-contoh jurnal dan analisis kinerja keuangan dan kemudian materi tentang aspek hukum meliputi ketentuan tentang merek, paten, perjanjian atau kontrak dagang dan berbagai aspek legalitas yang perlu diketahui para pelaku usaha UMKM dalam menjalankan usahanya. Materi-materi tersebut disampaikan secara menarik dan interaktif oleh dosen-dosen senior Perbanas Institute yang kompeten di bidangnya.

 

        Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para pelaku usaha UMKM mengenai kondisi dan situasi terkini, guna meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kinerja pelaku usaha UMKM beserta UMKM yang sedang dikelola dan juga dapat berimbas ke peningkatan pertumbuhan ekonomi secara umum.