Berita

Wawancara Eksklusif "Dinamika" Seputar L K M

Kampus sangat membutuhkan organisasi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa. Organisasi mahasiswa juga sangat diperlukan untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa untuk direalisasikan, tentunya realisasi ini bisa terwujud dengan kerja sama antara lembaga kampus dengan organisasi mahasiswa. Hari Senin (27/09/05) Unit Kegaiatan Mahasiswa Dinamika (Majalah Kampus Mahasiswa STIE Perbanas) mewawancarai Ketua BEM (Dimas Aditya Ariadi) dan Puket III STIE Perbanas (Bapak Arus Akbar Silondae, S.H.,LL.M) seputar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM). Secara rinci Bapak Arus Akbar Silondae, S.H. LL.M menjelaskan tentang sejarah LKM, Materi dan Tujuan LKM. Adapun penjelasan Puket III secara detail dapat disampaikan sebagai berikut :

Sejarah LKM
Puket III STIE Perbanas Jakarta, Bapak Arus Akbar Silondae, S.H, L.L.M. melihat bahwa terdapat perbedaan yang cukup besar dalam kampus STIE Perbanas antara keadaan mahasiswa dahulu dengan yang sekarang. Ketika STIE Perbanas masih bernama AIP, AAP organisasi mahasiswa saat itu adalah Senat Mahasiswa sebagai lembaga eksekutif dan Badan Perwakilan Mahasiswa ( BPM ) sebagai lembaga legislatifnya, seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan dibidang pendidikan khususnya di perguruan tinggi maka Senat Mahasiswa berubah menjadi BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ) dan Badan Perwakilan Mahasiswa berubah MPM ( Majelis Perwakilan Mahasiswa). Seiring dengan berjalannya waktu mahasiswa STIE Perbanas lebih menunjukkan minat mereka, terbukti dengan banyaknya Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di berbagai macam bidang.

Tujuan Diadakannya LKM

Membentuk kerja sama yang baik, terjadi sebuah persamaan persepsi, serta terciptanya kepengurusan yang kuat dengan mempunyai sosok pemimpin yang mempunyai jiwa leadership tinggi. LKM adalah wadah untuk mengembangkan diri untuk menjadi pemimpin dan pribadi yang baik, dimana dalam setiap LKM selalu menyediakan dan mengadakan pengembangan skill, kualitas diri, dan manajemen organisasi. LKM juga merupakan sebuah sarana prasyarat bagi lembaga ORMAWA untuk memegang posisi penting. Menurut Dimas Aditya Ariadi selaku Ketua BEM STIE Perbanas, LKM merupakan kegiatan yang sangat positif dimana hasil akhir dari LKM itu sendiri sudah terlihat dari tataran Ormawa sekarang ini, suasana yang kondusif, kebersamaan dan skill dari tiap-tiap ketua ORMAWA itu sama rata.

Dengan diadakannya LKM ini diharapkan dapat mendidik mahasiswa untuk dapat beroganisasi, menumbuh kembangkan kemampuan, jiwa kepemimpinan serta menciptakan pengurus-pengurus, pemimpin-pemimpin organisasi mahasiswa yang berkualitas dan berintegritas tinggi baik dalam dunia kampus maupun dalam dunia kerja. LKM adalah suatu sarana untuk mencetak pemimpin yang berkualitas baik, hal ini bisa dibuktikan dalam ruang lingkup kampus, bahwa pemimpin-pemimpin ORMAWA semuanya adalah lulusan LKM yang terbukti mempu menjalankan kegiatan-kegiatan ORMAWA dengan baik. STIE Perbanas secara moral bertanggung jawab untuk menciptakan sumber daya manusia untuk menjadi pemimpin yang berkarakter dan berahlak tinggi serta dapat memimpin bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

APA SAJA YANG DIBERIKAN PADA LKM

Pada LKM ini tidak hanya diberikan materi yang bersifat teori namun juga dalam bentuk simulasi, materi yang disajikan antaralain:

  1. Tentang nilai-nilai kepemimpinan
  2. Tentang aspek-aspek administratif yang memuat mengenaitehnik pembuatan proposal
  3. Diajarkan juga mengenai tehnik berpidato, tehnik memimpin persidangan, public speaking, problem solving
  4. Serta materi diluar ruangan yang bersifat simulasi dalam rangka pembentukan kerjasama tim(outbound).

TINGKATAN LKM

  1. PRATAMA: Peserta yang baru mengikuti LKM dan berminat untuk mengikuti organisasi di lingkungan kampus
  2. MADYA (Pelatihan Kompetensi aktivis): Peserta yang sudah mengikuti LKM tahap pratama dan atau sudah menduduki jabatan kepengurusan di unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Majlis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)

KAPAN LKM DIADAKAN?

KM XVIII akan diadakan pada tanggal 30 September-2 Oktober 2005 ini mengambil tema β€œMembangun Jiwa Kepemimpinan Yang Memiliki Loyalitas Tinggi, Bijaksana, dan Berwawasan Luas" dengan mengambil tempat Pusdiklat Pegawai PT. ASKES Cisarua Jawa Barat. LKM adalah kegiatan rutin STIE Perbanas, di mana sudah ke-18 kalinya.

Lainnya